Monday, January 5, 2015

CARA MENDAPATKAN PROYEK MELALUI TENDER & CONTOH PROPOSAL

Pernah ikut tender atau punya rencana untuk mengikuti lelang proyek? bagaimana agar kita bisa terpilih menjadi pemenang? disini kita bahas cara menang tender pengadaan barang dan jasa sehingga bisa menjadi pemenang dan berhak mengerjakan proyek yang sedang dilelang. Nilai tender bervariasi dari mulai yang kecil sampai besar seringkali di adakan oleh instansi pemerintah maupun swasta.
Banyaknya peserta tender yang ikut berjuang agar menjadi pemenang membuat kita perlu melakuakn cara dan inovasi terbaik agar bisa menang tender. berbagai macam persaingan muncul dalam proses pelaksanaan tender namun hendaknya kita tetap menggunakan cara yang baik dan halal. panitia lelang pengadaan barang dan jasa akan memilih perusahaan entah itu arsitek atau kontraktor yang memenuhi persyaratan tender. Nah.. disini kita uraikan beberapa cara danstrategi agar bisa memenangi tender.

Cara menang tender pengadaan barang dan jasa
1.                 Kita siapkan terlebih dahulu perusahaan yang hendak digunakan untuk mengikuti tender, entah itu berbentuk PT atau CV karena peraturan pemerintah mensyaratkan peserta tender harus berbentuk badan hukum bukan perorangan.
2.                 Kita urus juga berbagai macam dokumen syarat tender seperti Nomor pokok wajib pajak ( NPWP ), Surat izin usaha perdagangan (SIUP), Surat keterangan domisili perusahaan (SKDP) dan untuk tender proyek bangunan biasanya ada persayaratan tambahan seperti Izin usaha jasa kobstruksi (IUJK) dan dokumen lainya dapat dibaca dan dipelajari pada masing-masing pengumuman lelang.
3.                 Mencari tahu sebanyak mungkin berita tender, bisa didapat dari koran, website atau LPSE sebagai lembaga pengadaan lelang secara elektronikmasing-masing wilayah kabupaten atau kota di Indonesia, informasi tender juga bisa didapat dari panitia lelang pada instansi yang mengadakan lelang.
4.                 Baca dan periksa dengan teliti apa saja persyaratan yang harus disediakan seperti berkas-berkas atau surat-surat yang harus ada dalam pengajuan tender.
5.                 Ikuti dengan disiplin jadwal tender yang disediakan, melakukan lebih awal atau terlambat bisa menjadi penyebab kegagalan menjadi pemenang tender.
6.                 Bermainlah dengan jujur tanpa melakukan kecurangan seperti bekerja sama dengan panitia tender agar terpilih menjadi pemenang, proyek banyak jika didapat dengan cara haram maka tidak akan mengantarkan kita ke gerbang kebahagiaan dan ketenangan hidup, sebaliknya biarpun dapat proyek sedikit jika itu dengan jalan halal maka lebih berkah dan bermanfaat untuk menjalani kehidupan.
7.                 Hindari perbuatan yang melanggar hukum seperti mengancam peserta lelang lain, atau mengancam panitia tender agar dipilih menjadi pemenang. sebagai peserta tender kita dalam posisi sebagai peminta, oleh karena itu sudah sepatutnya kita bertingkah laku terbaik agar jikalau terpilih menjadi pemenang tetap didapat dengan cara yang baik.
8.                 Ajukan harga penawaran dibawah dan mendekati harga tender, mengajukan harga lebih tingi maka kita akan kalah dengan peserta yang mau menawarkan harga lebih murah. namun menawarkan harga terlalu murah juga tidak baik karena kita bisa dianggap akan melakukan pengurangi spesifikasi dan kualitas barang untuk mendapatkan harga termurah.
9.                 Jaga hubungan baik dengan suplier dan pedagang barang atau jasa, dengan begini maka kita tetap dapat memberikan pekerjaan sesuai dengan persyaratan tender.
10.             Jika kita terpilih menjadi pemenang tender maka mengerjakan sesuai dengan spesifikasi yang telah disepakati, dengan begini tentu kita sudah mendapat nama baik dan punya potensi besar untuk menang tender proyek berikutnya.

Trus gimana juga bentuk proposal buat perusahaan untuk pengajuan proyek?
Nih ada contohnya --> 
http://www.slideshare.net/takimguns/proposal-proyek-pembangunan

REFERENSI :
http://www.fika4194.blogspot.com/2014/12/cara-mendapatkan-proyek-melalui-tender.html


11 comments:

  1. Mohon maaf sebelumnya sekilas info kami bergerak di bidang JASA SERVIS ALAT KANTOR maupun pengadaan barang ,Profil CV. kami lengkap apabila instansi pemerintahan membutuhkan jasa kami kami siap
    CV. ANEKA TEKNIK PRADANA TLP.012 40732999 / 7711601 hp .0812 9453414 / 0815 17653336 Endro basuki

    ReplyDelete
  2. NUMPANG berbagi informasi Kami dari CV.GAPURA EMAS bergerak aktif dalam perdagangan,jasa dan kontraktor. profil akan kita informasikan secara lengkap apabila instansi pemerintahan ataupun swasta sewaktu-waktu membutuhkan jasa kami.
    kontact person: 082395068561
    email : rozymuhammad89@gmail.com
    pin bbm: 5FFB35CD

    Terimakasih.........

    ReplyDelete
  3. Indahnya berbagi kami jasa las listrik @MALANG
    Mengerjakan pagar pintu minimali kanopy
    Railing tangga
    Dll
    Cll/WA 085649988657

    ReplyDelete
  4. Izin share kami dari SOFA INDAH menerima jasa reperasi/buat baru sofa/kursi untuk rumah tangga atau untuk kantor dan hotel khusus wilayah Makassar
    Telp:0411-3617473
    WA/hp: 081553676050

    ReplyDelete
  5. Ijin bergabung....
    Bgkl Sinar Abadi Jaya Las ...kalasan sleman jogja
    Kami jasa las pembuatan pagar kanopi relling tangga, grobak stenlis/ besi, macam2 stenlis, dll
    WA 087838184919

    ReplyDelete
  6. Perkenalkan saya andik priswantoro dari malang bagi anda yang membutuhkan tenaga ahli dalam pembuatan mesin hidraulic,disckmill,hamermill,conveor,oven,tangki .pembuatan dan proses pengelasan dan berbagai macam mesin untuk skala industri makanan dan ternak silahkan bergabung ini contac saya 081554735943

    ReplyDelete
  7. saya Gozali pengrajin mebel furniture jepara, melayani segala macam prabot rumah tangga,contact person 08123637119,

    ReplyDelete
  8. saya Gozali pengrajin mebel furniture jepara, melayani segala macam prabot rumah tangga,contact person 08123637119,

    ReplyDelete
  9. maaf saya bergerak di bidang sepcialis pembuat sarana olahraga khususnya lp tenis basket volli futsal dll barang ksli bapak ibu memerlukan jasa kami silahkan hub 082142255919 Eka jaya tenis

    ReplyDelete
  10. Izin promosi, bagi yang membutuhkan jasa desain rumah, interior, estimasi RAB, Quality Control, Quantity Surveyor mengerjakan rumah baru maupun renovasi. Silahkan hubungi kami
    Contact Person : Pitu Warsana
    Mobile phone : 0819 4471 7971
    email : qubic.in.design@gmail.com

    ReplyDelete
  11. Assalamualaikum
    Saya rojat dari balapulang tegal
    Menerima jasa produksi furnitur berbagai kebutuhan sesuai pesanan atau permintaan konsumen.
    Cp 087781737774
    Trima kasih

    ReplyDelete