Thursday, June 18, 2015

Rangkuman Artikel Seminar Komputasi Modern

Cloud Computing 

Seminar tersebut membahas tentang Mobile cloud computing yang digunakan untuk peningkatan kualitas manajemen usaha kecil menengah. Mobile Cloud Computing sendiri merupakan perangkat komunikasi bergerak dengan menggunakan jaringan terdistribusi pada sistem cloud. Mobile cloud computing terdiri dari tiga domain heterogen yaitu mobile(seluler),cloud computing,dan jaringan nirkabe yang bertujuan untuk meningkatkan komputasi perangkat mobile menjadi lebih berguna.

Digunakanya Mobile Cloud Computing karena bisnis UKM yang belum optimal.Maka dari itu perlu dibangunya sistem mobile cloud untuk usaha kecil menengah dengan teknologi computing.Metode Penelitian yang digunakan adalah seperti ini ;

Studi Pendahuluan -> Observasi/Studi Pustaka -> Perumusan Masalah -> Pembuatan Sistem -> Pengujian -> Implementasi

Mobile Cloud ini menggunakan dua unit server dengan teknik virtualisasi. Mesin server basis data dan sistem backup akan diimplementasikan dalam satu server yang telah dibenamkan sistem operasi yang mendukung KVM (Kernel-based Virtual Manager).Dengan adanya  metode ini maka tugas seorang admin adalah mengelola sistem.

Seminar Nasional Aplikasi Sains & Teknologi (SNAST) Periode IV Yogyakarta, 15 November 2014
Narasumber  :         R. Arri Widyanto  dan  M. Arfan 




Komentar Pribadi :

Kelebihanya adalah mudahnya berinteraksi dengan sistem perangkat mobile dimanapun berada, karena setiap orang sudah di jaman sekarang sudah memliki smartphone yang mudah terhubung ke internet dan mudahnya pengelola mengatur/mengelola sistem ini darimanapun berada.

Kekuranganya adalah mungkin tidak adanya implementasi yang dilakukan di sebuah mobile, yang di upload pada hasil seminar ini hanya penampilan dari browser komputer saja tak menampilkan hasil dari smartphone.


No comments:

Post a Comment