ADIL FADHLI (50411190) http://adil-fadhli.blogspot.com/
IVAN HARDER (53411755) http://khen-rantai.blogspot.com/
OLIM PRAWIRA MAHATO (55411461) http://olimprawirasimanjuntak.blogspot.com/
JEFFRY SIANIPAR (53411798)
RYAN RUMPOKO (56411520) http://rumpokoryan.blogspot.com/
Implementation Object Oriented programming
Burung.java
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
| public class Burung { String nama; //atribut nama String jenis; //atribut jenis String warna; //atribut warna String sayap; //atribut sayap //method terbang public void terbang(){ this .sayap = "mengepak" ; System.out.println( "Burung " + this .nama+ " Sedang Terbang" ); } //method tidur public void tidur(){ this .sayap = "diam" ; System.out.println( "Burung " + this .nama+ " Sedang Tidur" ); } } |
BurungBeraksi.java
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
| public class BurungBeraksi { public static void main(String[] args){ Burung burungnuri = new Burung(); //membuat object burungnuri dari class Burung burungnuri.nama = "Nuri" ; //memanggil attribut nama pada object burungnuri dan memberi nilai burungnuri.warna = "Merah" ; System.out.println( "Burung " +burungnuri.nama+ " warnanya " +burungnuri.warna); //memangil method terbang object burungnuri burungnuri.terbang(); System.out.println( "Sayapnya " +burungnuri.sayap); burungnuri.tidur(); System.out.println( "Sayapnya " +burungnuri.sayap); System.out.println( "" ); Burung burungmerpati = new Burung(); //membuat object burungmerpati dari class Burung burungmerpati.nama = "Merpati" ; burungmerpati.warna = "Putih" ; //memanggil attribut warna pada object burungmerpati dan memberi nilai System.out.println( "Burung " +burungmerpati.nama+ " warnanya " +burungmerpati.warna); //memangil method terbang object burungmerpati burungmerpati.terbang(); System.out.println( "Sayapnya " +burungmerpati.sayap); burungmerpati.tidur(); System.out.println( "Sayapnya " +burungmerpati.sayap); } } |
Penjelasan Burung.java
Pertama-tama mendeklarasikan nama,jenis,warna dan sayap bertipe data string.
1
2
3
4
5
| public class Burung { String nama; //atribut nama String jenis; //atribut jenis String warna; //atribut warna String sayap; //atribut sayap |
Kedua,pendeklarasian method terbang dan memberikan nilai pada variabel sayap dan menampilkan output nya pada layar.
1
2
3
4
| public void terbang(){ this .sayap = "mengepak" ; System.out.println( "Burung " + this .nama+ " Sedang Terbang" ); } |
Ketiga, pendeklarasian method tidur dan memberikan nilai pada variabel sayap dan menampilkan output nya pada layar.
1
2
3
4
| public void tidur(){ this .sayap = "diam" ; System.out.println( "Burung " + this .nama+ " Sedang Tidur" ); } |
Penjelesan BurungBeraksi.java
Pertama membuat object burungnuri dari class Burung
1
| Burung burungnuri = new Burung(); |
Kedua, memanggil attribut nama pada object burungnuri dan memberi nilai
1
2
| burungnuri.nama = "Nuri" ; burungnuri.warna = "Merah" ; |
Kemudian menampilkan nilai dari object tersebut
1
| System.out.println( "Burung " +burungnuri.nama+ " warnanya " +burungnuri.warna); |
Ketiga, memangil method terbang object burungnuri dan menampilkan nilai dari objek burung nuri
1
2
3
4
5
| burungnuri.terbang(); System.out.println( "Sayapnya " +burungnuri.sayap); burungnuri.tidur(); System.out.println( "Sayapnya " +burungnuri.sayap); System.out.println( "" ); |
1
| Burung burungmerpati = new Burung(); |
Kelima, memanggil attribut warna pada object burung merpati dan memberi nilai
1
2
| burungmerpati.nama = "Merpati" ; burungmerpati.warna = "Putih" ; |
Kemudian menampilkan nilai dari object tersebut
1
| System.out.println( "Burung " +burungmerpati.nama+ " warnanya " +burungmerpati.warna); |
1
2
3
4
| burungmerpati.terbang(); System.out.println( "Sayapnya " +burungmerpati.sayap); burungmerpati.tidur(); System.out.println( "Sayapnya " +burungmerpati.sayap); |
No comments:
Post a Comment