Monday, March 25, 2013

ADIL FADHLI (50411190) http://adil-fadhli.blogspot.com/

IVAN HARDER (53411755) http://khen-rantai.blogspot.com/

OLIM PRAWIRA MAHATO (55411461) http://olimprawirasimanjuntak.blogspot.com/

JEFFRY SIANIPAR (53411798) 

RYAN RUMPOKO (56411520) http://rumpokoryan.blogspot.com/

 

Implementation Object Oriented programming 

Listing program

Burung.java
?
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
public class Burung {
    String nama; //atribut nama
    String jenis; //atribut jenis
    String warna; //atribut warna
    String sayap; //atribut sayap
 
    //method terbang
    public void terbang(){
        this.sayap = "mengepak";
        System.out.println("Burung "+this.nama+" Sedang Terbang");
    }
    //method tidur
    public void tidur(){
        this.sayap = "diam";
        System.out.println("Burung "+this.nama+" Sedang Tidur");
    }
}


BurungBeraksi.java

?
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
public class BurungBeraksi {
 
    public static void main(String[] args){
        Burung burungnuri = new Burung();//membuat object burungnuri dari class Burung
        burungnuri.nama = "Nuri"; //memanggil attribut nama pada object burungnuri dan memberi nilai
        burungnuri.warna = "Merah";
        System.out.println("Burung "+burungnuri.nama+" warnanya "+burungnuri.warna);
        //memangil method terbang object burungnuri
        burungnuri.terbang();
        System.out.println("Sayapnya "+burungnuri.sayap);
        burungnuri.tidur();
        System.out.println("Sayapnya "+burungnuri.sayap);
        System.out.println("");
 
        Burung burungmerpati = new Burung();//membuat object burungmerpati dari class Burung
        burungmerpati.nama = "Merpati";
        burungmerpati.warna = "Putih";//memanggil attribut warna pada object burungmerpati dan memberi nilai
        System.out.println("Burung "+burungmerpati.nama+" warnanya "+burungmerpati.warna);
        //memangil method terbang object burungmerpati
        burungmerpati.terbang();
        System.out.println("Sayapnya "+burungmerpati.sayap);
        burungmerpati.tidur();
        System.out.println("Sayapnya "+burungmerpati.sayap);
    }
 
}

Penjelasan Burung.java


Pertama-tama mendeklarasikan nama,jenis,warna dan sayap bertipe data string.

?
1
2
3
4
5
public class Burung {
    String nama; //atribut nama
    String jenis; //atribut jenis
    String warna; //atribut warna
    String sayap; //atribut sayap

Kedua,pendeklarasian method terbang dan memberikan nilai pada variabel sayap dan menampilkan output nya pada layar.
?
1
2
3
4
public void terbang(){
        this.sayap = "mengepak";
        System.out.println("Burung "+this.nama+" Sedang Terbang");
    }

Ketiga, pendeklarasian method tidur dan memberikan nilai pada variabel sayap dan menampilkan output nya pada layar.
?
1
2
3
4
public void tidur(){
        this.sayap = "diam";
        System.out.println("Burung "+this.nama+" Sedang Tidur");
    }

Penjelesan BurungBeraksi.java

Pertama membuat object burungnuri dari class Burung

?
1
Burung burungnuri = new Burung();

Kedua, memanggil attribut nama pada object burungnuri dan memberi nilai

?
1
2
burungnuri.nama = "Nuri";
burungnuri.warna = "Merah";

Kemudian menampilkan nilai dari object tersebut

?
1
System.out.println("Burung "+burungnuri.nama+" warnanya "+burungnuri.warna);

Ketiga, memangil method terbang object burungnuri dan menampilkan nilai dari objek burung nuri

?
1
2
3
4
5
burungnuri.terbang();
System.out.println("Sayapnya "+burungnuri.sayap);
burungnuri.tidur();
System.out.println("Sayapnya "+burungnuri.sayap);
System.out.println("");
Keempat, membuat object burungmerpati dari class Burung

?
1
Burung burungmerpati = new Burung();

Kelima, memanggil attribut warna pada object burung merpati dan memberi nilai

?
1
2
burungmerpati.nama = "Merpati";
burungmerpati.warna = "Putih";

Kemudian menampilkan nilai dari object tersebut

?
1
System.out.println("Burung "+burungmerpati.nama+" warnanya "+burungmerpati.warna);
Keenam, memangil method terbang object burungmerpati dan menampilkan nilai object dari burung merpati

?
1
2
3
4
burungmerpati.terbang();
System.out.println("Sayapnya "+burungmerpati.sayap);
burungmerpati.tidur();
System.out.println("Sayapnya "+burungmerpati.sayap);

No comments:

Post a Comment